Kamis, 11 Agustus 2011

Mengatasi Masalah di Yahoo! Messenger



Yahoo! Messenger
alias YM sudah menjadi salah satu sarana komunikasi yang jamak dipakai oleh pengguna internet baik via computer maupun smart phone. YM sudah seperti menjadi alat komunikasi ke dua setelah telepon. Apalagi bagi yang suka chating.

Di kantor saya, YM bahkan sudah menjadi semacam alat komunikasi antar penghuni kantor. YM menjadi pengganti telepon jaringan lokal di masa lalu. Karena begitu pentingnya YM ini, maka saat alat media komunikasi bikinan Yahoo! Ini bermasalah, kita akan dibuat repot.

Contohnya beberapa waktu lalu, saya kesulitan login ke YM saya via BlackBerry. Ternyata masalah ini dikarenakan masalah setingan waktu. Cara mengatasinya masalah login di YM ini tentu mudah saja, yaitu dengan menseting waktu di Blackberry.

Masalah login yang lain via BlackBerry juga pernah saya temui. Saya berkali-kali gagal login. Padahal setingan waktu sudah benar. Akhirnya ada teman yang menyarankan untuk ganti password. Lalu saya mengganti password via computer. Setelah ganti password, masalah ini pun selesai. Oh ya, password YM ini juga berlaku sama untuk Id Yahoo! Lainnya seperti email Yahoo! dan Flickr. Jadi salah satu diganti, semua berubah.

Masalah lain yang sempat membingungkan terkait YM adalah tidak munculnya tulisan di YM. Jadi YM kita blank. Ini terjadi saat saya memakai YM dari komputer. Saat saya mengetik dan mengirim tulisan, di chatbox YM saya blank alias kosong. Saya tak bisa melihat tulisan saya. Namun teman chating saya melihat tulisan saya di YM dia. Demikian juga saat teman saya mengirimin saya chatingan, saya juga tidak bisa melihat alias blank di chatbox saya.

Ini jelas membuat frustasi. Banyak teman complain kenapa saya tidak membalas YM nya. Padahal saya tidak membalas karena chatbox blank. Kita bisa tahu ada yang YM kita tapi tak bisa membacanya. Ternyata masalah ini tidak saja saya alami banyak juga yang mengalami hal yang sama.

Lalu saya coba mencari solusi dengan menelusuri forum-forum online. Dari hasil pencarian itu saya akhirnya menemukan solusi yang hampir sama untuk mengatasi YM blank ini. Begini caranya:

Klik tombol “START” yang ada logo Windows di komputer anda, lalu klik “RUN”. Di kotak open, ketik regedit. Lalu akan muncul banyak folder. Lalu Cari folder HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Internet Settings > Zones . Di dalamnya nanti aka nada folder yang namanya pakai angka 0, 1, 2, 3 dan seterusnya.

Cari folder sebelum folder angka 0. Biasanya folder ini tulisannya seperti angka 0 tapi kotak. Nah, hapus saja folder ini. Setelah itu tutup dan restart komputer. Buka kembali YM dan coba chating dengan teman anda. Jika berhasil, YM anda akan kembali normal. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar