Minggu, 05 April 2009

INTEL vs AMD

Intel Vs AMD, Siapakah yang Memiliki Performa Lebih Baik?Dari beberapa hasil pengujian yang sudah dilakukan, bisa ditarik kesimpulan bahwa processor dengan multi core-Dual core ataupun Quad core memiliki kemampuan kinerja yang lebih, jika dibandingkan dengan processor ber-core tunggal. Hal tersebut bisa dipahami, karena memang processor dual core atau quad core memiliki jumlah core yang lebih banyak, ditambah dengan L2 Cache yang lebih besar. contoh untuk Intel Core 2 Extreme (quad core) memiliki L2 cache 4 MB, Intel Core 2 Duo L2 cache-nya 1 MB, sedangkan Pentium 4 hanya memiliki L2 cache sebesar 512 KB.

Khusus untuk processor AMD yang diuji kali ini memang memiliki kinerja yang hampir seimbang, meskipun salah satu processor-nya sudah menggunakan dual core. Hal tersebut dikarenakan clock processor yang dimiliki keduanya memang sama, yaitu 2.0 GHz dan L2 cache yang sama, yaitu 1 MB. Meskipun processor yang memiliki core lebih dari satu memiliki kinerja yang lebih baik, namun yang perlu Anda ingat, seberapa perlu Anda memiliki processor dengan core dual atau quad. Mengingat harga yang harus Anda bayar akan jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan processor yang hanya memiliki single core.

Untuk kali ini, perbandingan dimenangkan oleh processor dari jajaran Intel. Meskipun tidak secara telak, namun sebagian besar pengujian menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibanding dengan processor AMD. Dalam hal ini, kami membandingkan antara processor Intel Core 2 Duo dan AMD Athlon 64 X2. Saran dari kami , ukur terlebih dahulu sampai seberapa penting Anda memerlukan sebuah processor multi core. Aplikasi apa saja yang nanti digunakan, dan untuk kegiatan apa Anda menggunakan CPU tersebut. Hal itu tentunya juga masih harus ditambah dengan seberapa besar budget Anda untuk menebus processor dengan core lebih dari satu. Jika Anda memang benar-benar memerlukannya, maka memang tidak ada salahnya Anda membeli processor dengan core lebih dari satu. Jika tidak, kami sarankan untuk tetap menggunakan processor dengan core tunggal saja, di mana selain harganya jauh lebih terjangkau, hampir seluruh aplikasi yang ada di pasaran memiliki kompatibilitas terhadap processor jenis ini. Perlu Anda ingat bahwa developer aplikasi masih jarang yang mengembangkan aplikasinya, khusus untuk platform multi core.


Processor AMDUntuk unjuk kemampuannya AMD bagus dan bisa diadu.Akan tetapi untuk yang sedang belajar oprek komputer (Overclocker) diharap hati-hati. Why ? Coba anda bandingkan antara prosessor buatan Intel (P IV) dengan buatan AMD (Duron, Athlon, XP, dsb). perbedaannya jelas terlihat pada LUAS CORE/INTI prosessor. Luas core AMD sangat kecil Cuma beberapa milicentimeter.

Nah disinilah letak permasalahannya!dalam pembuatan/perakitan/ perbaikan komputer berbasiskan AMD, sering ditemui sebuah komputer dengan prossesor AMD yang “cuil” atau pecah dipinggirannya. Hal ini dikarenakan pada waktu PEMASANGAN HEATSINK ke prosessor kurang hati-hati atau terlaku keras/kasar, sehingga mengakibatkan hal seperti yang disebutkan diatas. Bisa juga karena cacat produksi ( hal ini kemungkinannya sangat kecil sekali ). Keadaan tersebut bukan tidak mungkin akan menyebabkan prosessor menjadi RUSAK.

Processor Yang Layak Untuk Dipertimbangkan

Processor AMD Duron dengan kecepatan 750 Mhz harganya cukup menggiurkan untuk ukuran processor. Meski murah ternyatamempunyai performa yang cukup baik dan awet serta dapat diandalkan.Processor ini juga cukup dapat diandalkan untuk bermain video game yang tergolong standar dalam soal tampilan.

Kesimpulannya AMD baik digunakan untuk PC multimedia yang tergolong standar, seperti bermain game dan mendengarkan mp3.

AMD prosesor paling cepatKinerja AMD sama dengan Intel Pentium tetapi dengan harga lebih murah . AMD masih harus bekerja ekstra keras untuk merebut pasar Prosesor dari Pentium. Meski beberapa waktu lalu, dalam suatu uji kinerja, ternyata AMD, mampu mengungguli Pentium dalam beberapa aplikasi, tetapi gaungnya tidak sampai membuat Pentium jatuh.rata-rata warnet juga pakai prosesor ini.selain harganya murah kecepatanya pun tinggi..memang bagus untuk PC yang punya kinerja berat.seperti game atau desain.tapi menggunakan prosessor ini di PC suhunya akan cepat naik agar suhu stabil kita harus beri extra Fun tambahan .untuk produsen sebenarnya produk AMD bagus murah banyak yang pakai.
Processor AMD-duron Kurang Bagus Untuk Gamekalau Processor Intel, ini akan lebih anggun dan lebih bagus serta akan tahan lama artinya tidak gampang rusak.

Processor AMD dengan segala kelebihan dan kekurangannya
processor Duron 600 mhz sekitar 2 tahun yang lalu. Pada saat itu, AMD digembar-gemborkan merupakan pesaing utama processor Intel yang memiliki harga yang lebih mahal. AMD juga ditulis berbagai review sebagai yang handal dan cepat. Namun setelah dipakai, ternyata kecepatan yang direview, tidak seperti yang diharapkan. Apalagi ditambah dengan sering terjadinya computer hang, yang solusinya hanya melakukan restart system.. Kekecewaan bertambah karena processor AMD Duron tersebut tidak laku dijual bekas di pasaran, apalagi katanya banyak orang yang tidak menginginkan produk tersebut saat ini

AMD Stabilsebenarnya yang jadi penyebab utama AMD tidak stabil bukan processornya, akan tetapi motherboard, pake Processor Intel Juga kalau motherboardnya jelek ya tetap aja hang. Sebagai tip kalau membeli motherboard, belilah motherboard berchipset yang sama dengan Processornya, apakah itu ??. Ya kalau AMD pakai chipset AMD 751 untuk yang SDRAM atau chipset 761 untuk yang DDR-SDRAM, kalau untuk INTEL pake chipset INTEL

disarankan kalau masih ada AMD buat apa cari yang lebih mahal, so jangan salahin Procesornya ya, salahin aja chipset Motherboardnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar